Fungsi Model Baju Dinas Untuk Pegawai

 Model Baju

Apabila dilihat dari ketentuan atau peraturan yang telah ditetapkan, baju dinas merupakan baju seragam yang dibuat untuk menunjukkan identitas para Pegawai Negeri Sipil (PNS) disaat mereka menjalankan tugasnya sebagai pegawai pemerintah.

Baju dinas biasanya disertai atau dilengkapi dengan berbagai atribut dan setiap kesatuan memiliki atribut yang berbeda, tidak mungkin atribut antara polisi dengan guru sama. PNS yang memakai baju dinas biasanya melengkapinya dengan memakai beberapa aksesoris fashion, diantaranya ada ikat pinggang, kaos kaki serta sepatu. Anda yang belum memahami informasi seputar model baju dinas bisa menyimak ulasan singkat di bawah ini.

Model Baju Dinas Wanita

Pakaian Dinas Harian (PDH) Wantia

Model baju dinas wanita yang terbaik yang biasanya dikenakan setiap hari oleh para wanita untuk menunjukkan identitas bahwa inilah pegawai pemerintah yang bekerja untuk melayani masyarakat.

Baju dinas harian untuk para pegawai wanita biasanya adalah baju berlengan pendek dengan bawahan rok 15 cm tepatnya di bawah lutut, keduanya berwarna khaki yang kemudian dilengkapi dengan sepatu pantofel berwarna hitam. Secara keseluruhan, baju dinas harian ini dikenakan di berbagai lingkungan kerja, mulai dari Kemendagri hingga Pemerintah Provinsi serta Kabupaten/Kota.

model-baju-dinas-wanitaModel Baju Dinas Guru

Rapi dan sopan cerminan baju dinas guru

Model baju dinas guru haruslah mencerminkan citra guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, jika judulnya saja sudah pahlawan, maka sudah semestinya jika para guru bersikap dan berpakaian layaknya seorang hero.

Tidak perlu berpakaian seperti batman atau spiderman, cukup berpakaian dengan karakter yang sopan dan rapi, tidak memakai baju dinas yang terlalu ketat bahkan kekecilan, baju dinas disesuaikan warnanya agar terlihat matching antara baju dinas dengan sepatu dan hijab jika memakainya.

Model Baju Dinas Kantor

Pakaian Dinas Harian (PDH) Pria

Model baju dinas kantor untuk para pria, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan baju kantor para pegawai yang bekerja di perusahaan swasta, umumnya para pegawai pemerintahan yang bekerja di kantor memakai kemeja berlengan pendek yang kemudian disesuaikan dengan celana panjang khaki dan ikat pinggang berwarna kulit/nilon serta memakai kaos kaki dan sepatu berwarna gelap.

Yang menjadi perbedaanya adalah adanya atribut yang menempel di baju dinas dan tidak selamanya, pegawai diizinkan untuk memakai kemeja, ada kalanya, pegawai memakai baju dinas yang menunjukkan identitas di bagian mana dia bekerja, di divisi apa dan mewakili badan apa sehingga masyarakat bisa mengenal dengan baik dari baju dinasnya saja.

Ketegasan dan ketegaran

Percaya atau tidak, untuk mendapatkan seragam atau baju dinas tidaklah mudah, seseorang harus berjuang dengan sekuat tenaga dan bersaing dengan jutaan orang agar bisa memakai baju dinas tersebut. Oleh karena itu, baju dinas juga menonjolkan sisi ketegasan dan ketegaran dari mereka yang memakainya, karena baju dinas tidak didapatkan dengan mudah, maka jagalah dengan baik kehormatan diri dan baju dinas yang selama ini Anda kenakan.

Baju dinas sengaja dibuat dan diatur oleh pemerintah sebagai sarana atau bentuk kepedulian pemerintah pada semua pegawai yang bekerja di bawahnya, sarana yang menunjukkan sebuah identitas.

Barang siapa yang memakai baju dinas, maka dia mengemban tugas di bawah pimpinan pemerintah untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, karena pegawai digaji oleh anggaran pemerintah yang diperoleh dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat. Model baju dinas antara satu dengan lainnya tentunya berbeda, hal ini akan membantu membedakan fungsi dan divisi di mana mereka bekerja.

Related Posts

Leave a Reply